SELAMAT DATANG DI WEBSITE KALURAHAN HARGOWILIS

Artikel

Posyandu Balita dan Cek Gula Darah Lansia Sremo Lor

05 Februari 2024 09:24:41  Admin Hargowilis  60 Kali Dibaca  Berita Lokal

Posyandu Balita adalah kegiatan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. Kegiatan posyandu balita ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan balita dan anak, meliputi imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan balita dan anak. Kegiatan ini dihadiri sekitar 20 anak dan balita. Tim kesehatan melakukan pengecekan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala pada balita. Rutinitas ini dilakukan setiap satu bulan sekali. Pada kegiatan posyandu di padukuhan Sremo Lor diadakan pada tanggal 3 Februari 2024 bertepatan di hari sabtu, untuk kegiatannya berlangsung pada pukul 09.00 hingga pukul 11.30. Mahasiswa KKN 101 UMY membantu petugas kesehatan dalam melakukan pengecekan kesehatan anak dan balita, seperti melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, serta melakukan pendataan balita yang sehat dan kurang sehat.

Kagiatan Posyandu Balita Padukuhan Sremo Lor melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Kokap dengan didampingi Bidan Desa. Adapun yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini yaitu :

  • Meja 1 : Pendaftaran, setiap balita yang datang ibu balita atau pengantar balita dan anak tersebut harus mengisi daftar hadir.
  • Meja 2 : Penimbangan balita dan anak. Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.
  • Meja 3 : Pengisian KMS, setelah balita dan anak ditimbang hasilnya kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita,
  • Meja 4 : Penyuluhan, setiap yang datang akan diberikan penyuluhan diantaranya mengenai pentingnya rutin datang ke posyandu, mengenai gizi, mengenai kesehatan gigi, mengenai pentingnya memberikan ASI Eksklusif, mengenai MPASI, dll. penyuluhan ini tidak hanya dikhususkan kepada ibu balita dan anak saja melainkan juga ditujukan kepada masyarakat secara umum.
  • Meja 5 : Pelayanan Kesehatan, berupa Imunisasi, pemberian Vitamin A, pengobatan ringan, Pemberian susu kedelai, serta makanan 4 sehat 5 sempurna, dll

petugas pada meja 1 sampai 4 dilaksanakan oleh petugas kesehatan sedangkan meja 5 merupakan pelayanan medis.

  • Meja 6 : Pemberian Makanan Tambahan

Apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan balita dan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi agar tidak mengalami stunting yang merupakan salah satu PR besar bagi Padukuhan Sremo Lor.

Selain kegiatan posyandu balita, Padukuhan Sremo Lor melakukan pengecekan gula darah pada Orang Tua dan Lansia. Kegiatan ini bertujuan untuk pengecekan tekanan darah dan gula darah yang telah dikonsumsi setiap harinya. Hal ini dilakukan langsung oleh petugas kesehatan Puskesmas Kokap yang melakukan pengecekan pada setiap Orang Tua dan Lansia. Mahasiswa KKN UMY juga turut serta membantu dalam kegiatan ini, seperti melakukan pengecekan tekanan darah pada orang tua dan lansia serta mengukur lingkar perut. Petugas Kesehatan Puskesmas memberikan pengarahan kepada mahasiswa KKN dalam melakukan tanggung jawabnya yang diberikan oleh Petugas Puskesmas. Kegiatan ini tidak dipungut  biaya sepeserpun atau lebih tepatnya gratis hanya dengan membawa KTP atau KK. Setelah melakukan cek Tekanan Darah, Ortu/Lansia melakukan penimbangan dan lingkar perut setelah itu beralih ke Petugas Kesehatan Puskesmas untuk dilakukan skrinning dan monitoring IMT serta melakukan pengecekan Gula Darah. Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : HARGOWILIS, KOKAP, KULONPROGO
Kalurahan : HARGOWILIS
Kapanewon : Kokap
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon :
Email : pemkalhargowilis1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:5
    Kemarin:277
    Total Pengunjung:73.319
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.2.15
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID