SELAMAT DATANG DI WEBSITE KALURAHAN HARGOWILIS

Artikel

KKN 157 UMY Bantu Kembangkan Public Speaking Pemuda Dukuh Clapar 3 Melalui Sosialisasi

22 Januari 2024 08:59:37  Admin Hargowilis  66 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada Sabtu (20/01), Kelompok KKN 157 UMY melaksanakan program kerja pertamanya dengan bersosialisasi ditengah-tengah kegiatan Pemuda Dukuh Clapar 3 yang sedang melaksanakan arisan perdana. Kegiatan ini dilakukan pada malam hari pukul 20.00 WIB berlokasikan di Balai Pedukuhan Clapar 3, Hargowilis. 

Sosialisasi ini bertemakan "Pengembangan Keterampilan dan Kreativitas Generasi Muda." Pengambilan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya regenerasi Pemuda Karang Taruna dan harapannya bisa meningkatkan skill berkomunikasi Pemuda Karang Taruna Dukuh Clapar 3 terhadap antar individu, kelompok/organisasi, bahkan di depan umum.

Susunan kegiatan pada sosialisasi kala itu diawali pembukaan oleh master of ceremony yang dilanjut sambutan oleh Ketua KKN 157, dan diikuti sambutan oleh Ketua Pemuda Karang Taruna Dukuh Clapar 3. Memasuki materi, sosialisasi mengenai public speaking ini memberikan beberapa hal meliputi: Mengapa manusia butuh berkomunikasi? Seberapa penting kita berkomunikasi? Bagaimana cara kita melakukan komunikasi? Apa tips dan trik berkomunikasi?

"Harapannya dengan adanya sosialisasi ini, kita bisa bersama-sama meningkatkan skill public speaking kita baik untuk mahasiswa KKN itu sendiri dan juga untuk Pemuda Karang Taruna Dukuh Clapar 3. Sehingga kita bisa sama-sama belajar bagaimana public speaking yang baik di suatu kelompok, organisasi bahkan forum yang besar," ujar Nabhan, Ketua KKN 157 UMY 2024.


Public speaking sendiri memiliki arti proses menyampaikan pesan secara lisan dengan tujuan untuk mempengaruhi pikiran atau tindakan orang lain (Jhon V. Thill dan Courtland L. Bovee). Selain itu, public speaking adalah kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasan secara oral atau lisan. 

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari berkomunikasi, diantaranya sebagai ruang untuk berekspresi dan sebagai sarana pelatihan bicara untuk jenjang yang lebih tinggi seperti interview, magang, bahkan bekerja.

Beberapa tips dan trik dari pemateri dalam melakukan public speaking diantaranya: 1) Fokus terhadap materi yang akan dibawa, jangan sampai memikirkan sesuatu yang membuat kita hilang konsentrasi. 2) Jangan takut gagal karena kita bisa mengimprovisasi, namun tentunya dengan improvisasi yang baik. 3) Menggunakan variasi suara, ekspresi wajah, kontak mata, dan bahasa tubuh.

"Terima kasih atas antusias mahasiswa KKN 157 UMY yang sudah mensosialisasikan bagaimana meningkatkan public speaking. Semoga apa yang sudah dipaparkan dapat bermanfaat untuk kita semua," ucap Mas Kuat selaku Ketua Pemuda Karang Taruna Dukuh Clapar 3 diakhir sosialiasi.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : HARGOWILIS, KOKAP, KULONPROGO
Kalurahan : HARGOWILIS
Kapanewon : Kokap
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon :
Email : pemkalhargowilis1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:108
    Total Pengunjung:73.458
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.219.22.169
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID