SELAMAT DATANG DI WEBSITE KALURAHAN HARGOWILIS

Artikel

Pembuatan Pupuk Indigenous Microorganisme oleh KWT Tegiri 2

01 Februari 2024 09:59:31  Admin Hargowilis  94 Kali Dibaca  Berita Lokal

Senin, 22 Januari 2024, Lahan Belakang Basecamp Tegiri 2 menjadi pusat kegiatan yang penuh semangat ketika Kelompok Wanita Tani (KWT) Tegiri 2, didukung oleh KKN UMY, dan didampingi oleh  Badan Penyuluhan Pertanian (BPP), terlibat dalam pembuatan Pupuk Indigenous Microorganisme (IMO). Kegiatan ini tak hanya sekadar proses pembuatan pupuk, tetapi juga simbol kolaborasi yang kokoh untuk meningkatkan kesejahteraan pertanian lokal.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Tegiri 2 mengambil inisiatif dalam pembuatan IMO. Mereka tidak hanya sekadar menjadi peserta, tetapi pionir yang terlibat aktif dalam setiap langkah pembuatan pupuk. Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan tampak jelas dalam partisipasi mereka.

Keterlibatan KKN UMY membawa nuansa segar dalam kegiatan ini. Mahasiswa yang penuh semangat menciptakan suasana pembelajaran pembuatan pupuk yang dinamis. Kolaborasi antara mahasiswa dan kelompok masyarakat lokal menciptakan energi positif yang mendorong pertanian berkelanjutan.

Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) menjadi pilar pengetahuan dan keahlian dalam kegiatan ini. Memberikan penjelasan mendalam dan praktik langsung, BPP tidak hanya menjadi panduan teknis, tetapi juga memberikan wawasan tentang pentingnya pupuk IMO sebagai media tanam sayur-sayuran.

Pembuatan pupuk IMO tidak hanya sekadar kegiatan teknis. Ini merupakan investasi untuk masa depan pertanian lokal. Pupuk ini akan digunakan sebagai media tanam sayur-sayuran, memberikan harapan akan hasil panen yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Bukan hanya penjelasan dan praktik langsung, acara ini juga melibatkan sosialisasi pemberian materi terkait IMO. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manfaat pupuk ini dan cara optimal menggunakannya dalam pertanian sehari-hari.

Kegiatan pembuatan Pupuk Indigenous Microorganisme oleh KWT Tegiri 2 bukan hanya pencapaian lokal, tetapi juga contoh nyata bagaimana inisiatif berbasis komunitas dapat menjadi pendorong utama menuju pertanian berkelanjutan. Semoga pupuk IMO yang dihasilkan akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan pertanian yang lebih ramah lingkungan dan produktif di masa depan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : HARGOWILIS, KOKAP, KULONPROGO
Kalurahan : HARGOWILIS
Kapanewon : Kokap
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon :
Email : pemkalhargowilis1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:246
    Total Pengunjung:77.689
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.112.198
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID