SELAMAT DATANG DI WEBSITE KALURAHAN HARGOWILIS

Artikel

Pendampingan Kader Posyandu Lansia Tegiri 2 Mekar dalam Melaksanakan Kunjungan Lansia

16 Januari 2024 11:02:24  Admin Hargowilis  94 Kali Dibaca 

Usia harapan hidup merupakan salah satu faktor tingkat kesehatan masyarakat. Mayarakat Lanjut Usia (Lansia) merupakan orang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas. Saat ini lansia kurang mendapat perhatian lebih dari elemen masyarakat, kondisi ini dapat menimbulkan polemik dalam kehidupan masyarakat maupun keluarga. 

Lansia dipandang sebagai orang-orang yang kurang produktif. Pada periode tersebut mereka rata-rata sudah sulit beraktivitas, hal tersebut dikarenakan penurunan kinerja fisik serta psikis dibandingkan dengan ketika masih dalam keadaan prima. Maka dari itu perlunya perhatian medis serta ilmu kedokteran guna meningkatkan serta menjaga kualitas kesehatan penduduk serta meningkatkan angka harapan hidup masyarakat.

Melihat polemik tersebut, Dusun Tegiri II menyikapinya dengan melakukan kegiatan kunjungan lansia yang dilakukan pada Senin 15 Januari 2024 lalu. Kegiatan kunjungan lansia tersebut didukung oleh Poskesdes setempat dan dijalankan oleh kadernya. Kader dari kegiatan kunjungan lansia tersebut beranggotakan Ibu-ibu setempat yang secara sukarela untuk menjadi relawan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan kunjungan lansia yang dilaksanakan di Dusun Tegiri II dimulai pada siang hari pukul 13:00 WIB. Para kader kegiatan kunjungan lansia bersama dengan mahasiswa KKN UMY melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi tempat tinggal para lansia di Dusun Tegiri II, sekaligus melakukan pengecekan kesehatan para lansia tersebut. Pengecekan kesehatan yang dilakukan seperti penimbangan berat badan serta tekanan darah.

Dusun Tegiri II sebenarnya telah memiliki kegiatan Posyandu Lansia yang dilaksanakan rutin setiap tanggal 21 yang dilaksanakan di Basecamp Dusun Tegiri II. Kegiatan Posyandu Lansia tersebut berisi senam lansia, pengecekan kesehatan serta penyuluhan mengenai kesehatan dan permasalahan bagi lansia. Kegiatan kunjungan lansia terebut merupakan lanjutan dari kegiatan rutin tersebut. Para lansia yang tidak hadir dalam kegiatan rutin tersebut akan dikunjungi rumahnya satu per satu.

Kegiatan Posyandu Lansia serta kunjungan lansia bertujuan untuk meningkatkan jangkauan layanan kesehatan lansia di Dusun Tegiri II. Posyandu Lansia sebagai salah satu wadah kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya lansia diharapkan dapat meningkatkan angka harapan hidup serta kesehatan para lansia. Selain itu kegiatan Posyandu Lansia juga menjadi sarana komunikasi antara masyarakat lansia.

Kegiatan positif seperti ini layak untuk dikembangkan dan dilestarikan untuk kedepannya agar dapat lebih baik lagi. Dengan demikian kegiatan Posyandu Lansia ini sangat berperan dan berdampak bagi masyarakat khususnya lansia. Selain itu kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh untuk dusun lain agar menjaga dan memberi perhatian khusus pada masyarakat lansia di dusun tersebut.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : HARGOWILIS, KOKAP, KULONPROGO
Kalurahan : HARGOWILIS
Kapanewon : Kokap
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon :
Email : pemkalhargowilis1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:51
    Kemarin:246
    Total Pengunjung:77.704
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.112.198
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID